Thursday, February 10, 2011

GARIS WAKTU MANUSIA MODERN SAMPAI DENGAN 2.000 SM

200.000 tahun lalu, Homo sapiens ditengarai muncul di Afrika. Menjadikan fosil spesies mereka sebagai catatan kehadiran. Mereka masih sangat jarang ditemui di Afrika selama lebih dari 100.000 tahun. Homo sapiens digambarkan memiliki otak yang sebagian besar dikhususkan untuk bahasa dan pidato dibandingkan Homo erectus.



160.000-135.000 tahun lalu, 4 kelompok manusia modern sebagai pemburu-pengumpul makanan melakukan perjalanan ke arah selatan sampai Tanjung Harapan, Afrika Selatan sekarang, ke arah barat sampai ke Pantai Gading, ke arah barat daya sampai ke lembah Kongo dan ke arah timur laut sampai ke Ethiopia.

130.000 tahun lalu, Periode interglacial Eemian dimulai. Menghangatnya suhu bumi dalam 5.000 tahun ke depan memungkinkan hutan mencapai di atas Lingkaran Arktik. Waktu itu makhluk hidup lain termasuk genus homo (pengelompokan biologis), Neanderthal, ada di Eropa. Mereka adalah spesies yang terpisah dari Homo erectus dan Homo sapiens.


125.000 tahun lalu, di saat gurun Sahara masih hijau beberapa kelompok yang menetap di Ethiopia memburu dan mengumpulkan makanan melintasi gerbang ke utara menyusuri sungai Nil sampai di Levant.



110.000 tahun lalu, berakhir periode interglasial Eemian dan zaman es lain dimulai, namun manusia modern dan Neanderthal bertahan.

100.000 tahun lalu, berdasarkan analisa DR.Reed terhadap fosil kutu, manusia modern sudah mengenal pakaian.


90.000 tahun lalu, pendinginan global meningkat dan Sahara berubah menjadi gurun. Kelompok manusia modern yang telah mencapai Levant—daerah yang saat ini mencakup Suriah Barat, Yordania, Libanon, Palestina, dan Israel— diketahui musnah.



85.000 tahun lalu, tertutupnya pintu ke arah utara membuat pilihan migrasi hanya melewati selat di Laut Merah, yaitu di ‘gate of grief’di Yaman sekarang. Pada zaman es itu selat Bab-el-Mandab tidak terlalu lebar, karena permukaan laut turun. Dengan rakit segera mereka menyeberangi selat dan sibuk mengisi kehidupan di sepanjang pantai selatan semenanjung Arabia. Kelompok inilah yang menurunkan semua umat manusia di bumi ini, kecuali yang tertinggal di Afrika.


75.000 tahun lalu, manusia di Arabia telah menyebar dari timur atau selatan, ke barat dan ke utara. Bukti genetik menunjukkan bahwa mereka menggantikan manusia lain, kecuali untuk orang Khoisan dan pygmy. Kepadatan penduduk mereka tetap langka. Setelah melintasi Persia mereka sampai di India dengan menyusuri pantai. Dari India mereka mencapai kepulauan Nusantara (Indonesia) dan melanjutkan pelayaran ke arah utara hingga Taiwan.


73,000-68,000 tahun lalu, Teori Bencana Toba menyatakan bahwa di pulau Sumatera letusan raksasa gunung berapi menciptakan musim dingin vulkanik yang menjangkau seluruh dunia dan mengurangi populasi manusia di dunia yang ada menyisakan antara 1.000 sampai 10.000 penduduk. Manusia di India dan Asia Tenggara tertimbun abu setebal 5 meter. Zaman es mini ini berlangsung sekitar 1.000 tahun. Akibat letusan itu terbentuk Danau Toba.


60,000-55,000 tahun lalu, Planet Bumi semakin hangat. Es mulai mencair. Perubahan iklim pada akhirnya mulai bergantian antara kondisi hangat dan dingin, kadang sering berubah tiba-tiba. Manusia yang tinggal di Indonesia Timur dan Asia Timur selamat dari bencana gunung Toba dan mulai berekspansi.

50.000 tahun lalu, Manusia yang awalnya meninggalkan Afrika lari dari kekeringan, mengambil rute pesisir ke India dan kemudian sampai ke Australia. Setelah dimusnahkan oleh bencana gunung Toba, manusia mengisi kembali anak benua India dan menyusuri sungai Eufrat & Tigris hingga sampai di selat Bosporus.



50.000 tahun lalu, Perkawinan antara Neanderthals dan manusia modern disebut Denisovans memperkenalkan gen yang akan membantu manusia modern menghadapi virus. Kawin campur ini diduga terwujud dalam 4 persen dari genom manusia.


48.000 tahun lalu, Di Asia, Neanderthal telah punah.

45.000 tahun lalu, kebudayaan ‘Aurignacian’bergerak dari Turki ke Bulgaria. Kampak batu dan seni pahat model baru memasuki Danube dan Hungaria hingga Austria.


43.000 tahun lalu, Manusia berada di area sekitar 500 kilometer selatan Moskow, kehadiran mereka dikabarkan di CE 2007 oleh arkeolog yang telah menemukan artefak di Situs Kostenki.


40.000 tahun lalu, dekat Beijing, telah ditemukan tulang manusia berusia tahun itu. Setidaknya satu orang dari tulang-tulang ini mencirikan memakai sepatu. Menurut Erik Trinkaus dari Washington University di Missouri, bukti lain juga ada beberapa sepatu atau sandal dikenakan oleh Neanderthal.



40.000 tahun lalu, dari Levant hingga Libya dan juga Semenanjung Iberia telah dihuni manusia modern. Sementara di bagian timur kelompok lain bermukim di Jepang dan Tibet.


38.000 tahun lalu Neanderthal di Eropa berjumlah tidak lebih dari 10.000. Rata-rata, mereka setinggi manusia kontemporer, dengan sekitar tengkorak ukuran yang sama, menunjukkan ukuran otak yang sama. Tulang mereka sedikit lebih berat dan mereka cenderung memiliki lengan dan tangan yang kuat. Seperti manusia modern mereka menggunakan alat-alat batu. Penelitian DNA menunjukkan bahwa gen Neanderthal dan manusia modern sangat identik sehingga beberapa perkawinan ‘mungkin’telah terjadi antara kedua spesies.

30.000 tahun lalu, Homo Erectus punah. Spesies ini digambarkan memiliki kemampuan menggunakan kapak tangan sederhana yang sama untuk lebih dari satu juta tahun. Sementara Homo sapiens telah menggunakan tombak.

26.000 tahun lalu, Di Eropa Neanderthal punah. Ada teori bahwa, dalam mendapatkan makanan mereka, Neanderthal belum disesuaikan seperti manusia untuk perubahan iklim. Dalam cuaca hangat, struktur tubuh Neanderthal membutuhkan lebih banyak kalori. Perubahan iklim telah menghasilkan spesies baru tumbuhan dan hewan, dan itu menimbulkan teori bahwa penyergapan teknik berburu Neanderthal telah gagal karena padang rumput telah menggantikan pohon. Banyak teori juga bahwa manusia telah Neanderthal mendorong dari wilayahnya dan terdapat teori lain bahwa kawin silang telah menyerap Neanderthal.


25.000 tahun lalu, manusia modern menyebar di belahan bumi utara, Siberia sampai ujung timur negara Russia sekarang yang membatasi dengan Alaska, selat Bering.


23.000 tahun lalu, manusia modern yang mendiami selatan Yunani membuat bangunan.



22.000 tahun lalu, Sekelompok penduduk Siberia bergerak melintasi Selat Bering ke Amerika Utara, menurut bukti genetik. Mereka menetap di Alaska selama ribuan tahun, gerakan ke selatan diblokir oleh es glasial. Namun ada yang berhasil menembus dan menetap di pantai timur Amerika Serikat sekarang.

22.000-19.000 BCE (Before the Common Era) Zaman Es kembali melanda belahan utara Bumi. Mengunci para penjelajah pada tempat pengungsian hingga tidak mampu bergerak lebih jauh.


18.000 BCE Orang-orang dari provinsi Hunan, di Cina tengah dekat Sungai Yangzi, membuat tembikar.


15.000 BCE manusia modern yang bermukim di pantai timur Amerika Utara bergerak hingga muara sungai Amazon di Amerika Selatan.


14.500 BCE Sebuah koridor bebas es di Kanada memungkinkan migrasi dari Alaska ke selatan.


14.000 BCE Ketika lapisan es mencair dimulailah kenaikan permukaan air laut dan pemanasan di Eropa.



13.000 BCE Beras tumbuh di Korea. Di desa Natuf di Levant para ahli arkeologi menemukan pemukiman berbasis pertanian.


12.000 BCE Para ahli geologi menjelaskan zaman Pleistosen telah berakhir. Zaman yang membentang hampir 1,8 juta tahun. Gletser kontinental terakhir menyurut, dan arkeolog menyebut zaman periode kebudayaan Paleolitik berakhir.


12.000 BCE Seperti dijelaskan oleh ahli geologi zaman Pleistosen telah berakhir. Zaman Holosen dimulai, berlangsung hingga hari ini.


11.600 BCE sebuah tempat peribadatan dibangun Göbekli Tepe di puncak bukit terpencil di Turki Selatan. Kuil tertua di dunia itu menunjukkan bahwa keinginan beribadahlah yang melahirkan peradaban.


11.500 BCE Sisa manusia modern yang terjebak zaman es di Alaska bergerak lagi menjadi bangsa Eskimo dan Aleuts.


11.000 BCE Orang-orang dengan budaya Paleoindian, digambarkan oleh para arkeolog sebagai Clovis, mendominasi Amerika Utara dan Amerika Tengah.



10.900 BCE Komet debris menabrak Amerika Utara. Menurut teori, itu membalik zaman es mencair, dan pendinginan kembali ini membunuh mamalia seperti harimau bertaring pedang, serigala mengerikan, dan gajah berbulu raksasa.


10.000 BCE Homo sapiens adalah makhluk hidup satu-satunya dari genus Homo – sebuah spesies dengan kemampuan unggul untuk merencanakan dan berkomunikasi. Manusia ini telah menyebar ke sebagian besar tempat di bumi dihuni. Populasi yang jarang memungkinkan untuk permainan berburu, mengumpulkan makanan yang tumbuh liar dan hanyut dari perkemahan ke perkemahan. Mendongeng dan mitos adalah hobi utama.


10.000 BCE Di Eurasia dan Amerika Utara, mammoth berbulu (Mammuthus primigenius) telah punah.


10.000 BCE Orang-orang di Timur Tengah hidup sebagai pemburu-pengumpul dan memiliki kambing peliharaan dan anjing. Dan manusia mulai menanam makanan mereka sendiri.


9.500 SM Di seluruh dunia, iklim menjadi lebih hangat, lebih basah dan lebih stabil. Ada mungkin lima juta orang di dunia, sebagian besar pemburu-pengumpul.



9.000 SM Di Lembah Yordan, buah ara dibudidayakan, sementara barley liar, gandum dan biji pohon ek sedang dikumpulkan. (Lihat BBC News, tanggal 1 Juni 2006.)


8.500 SM Terdapat koloni-koloni di Inggris dan Skandinavia. Di Afrika Tengah ditemukan lukisan dinding goa yang menggambarkan jerapah, menunjukkan gurun Sahara pernah menjadi padang rumput.


8.000 SM Pemburu-pengumpul di Asia Tenggara, Amerika Tengah dan Amerika Selatan mulai membuat ladang untuk menambah pasokan makanan mereka. Di Lembah Yordan di Asia Barat Daya, sebuah pemukiman berdinding ada di Yerikho.


7.600 SM Pemburu-pengumpul yang hidup di sepanjang Sungai Seine di tempat yang sekarang kota Paris.


7.300 SM Suku-suku di wilayah yang sekarang Inggris memiliki anjing peliharaan.


7.200 SM Lokasi yang saat ini Yunani, orang memiliki domba peliharaan.


7.000 SM Di Fertile Crescent (Levant), orang bertani dan beternak hewan. Pertanian mereka memancang mereka pada satu tempat. Dewa dipandang sebagai sesembahan di kuil dan tempat suci.


6.700 SM Seorang pria meninggal di sekitar tempat yang sekarang dikenal sebagai Sungai Columbia. Pada tahun 1996 CE tulang-tulangnya ditemukan hampir seluruhnya utuh dan ia disebut Manusia Kennewick. Sebuah titik proyektil ditemukan tertanam dalam pelvis, tapi tulangnya tumbuh di sekitarnya, menunjukkan bahwa ia selamat dari luka.


6.500 SM Di barat laut Turki, penggembala sapi memproduksi apa yang secara tentatif dianggap susu pertama di dunia.


6.000 SM Pertumbuhan tanaman pangan dan hewan ternak telah mulai membudidaya di selatan dan timur Eropa, termasuk Yunani. Pertanian berkembang di antara pemburu-pengumpul di Meksiko selatan. Sepanjang Sungai Nil atas, orang menanam sorgum, millet dan gandum.


5.600 SM Permukaan laut telah meningkat, dan – menurut “Teori banjir Laut Hitam” yang disengketakan – air laut tiba-tiba mulai mengalir ke cekungan Laut Hitam, banjir besar melanda sebagaian tanah yang dihuni dan mendorong orang-orang pada migrasi baru dengan cerita-cerita tentang besar banjir.



5.500 SM Orang-orang di Cina menanam benih.


5.400-4.900 SM Arkeolog Jerman F. Klopfleisch menyebut komunitas pertanian yang sebenarnya pertama muncul di pusat Eropa.


5.000 SM Dekat desa Herxheim, di barat daya Jerman, sebanyak 500 pria, wanita dan bayi dibantai dan dikanibal – mungkin selama salah satu periode kelaparan yang terjadi di masyarakat pertanian.


4.500 SM Pertanian muncul kembali di Afrika sebelah selatan Sahara di barat Niger Basin. Sahara saat itu adalah rumput dan hutan dengan kelimpahan curah hujan, sungai, ikan danau, dan kehidupan akuatik. Orang menanam tumbuhan dan membiakann domba, kambing dan sapi.


4.200 SM Orang Mesir membuka pertambangan dan peleburan tembaga.



4.000 SM Bajak dari kayu untuk mengolah tanah digunakan di Eropa tengah.


4.000 SM Ada hipotesis bahwa di stepa Eurasia, kuda sudah mulai dijinakkan.


3.600 SM Di Asia barat daya, tembaga yang dicampur dengan timah untuk menghasilkan logam keras dari tembaga: perunggu.


3.500 SM Bangsa Sumeria bermigrasi ke Mesopotamia mengambil alih desa dan pertanian orang lain. Surplus makanan memungkinkan keragaman pekerjaan untuk mengembangkan: tentara, petani, perajin, dan pedagang. Kepemilikan tanah individu telah menggantikan kepemilikan komunal.


3.500 SM Lokasi yang sekarang dikenal sebagai Gurun Sahara mulai terbentuk di Afrika Utara. Orang-orang lari dari kekeringan ke Sungai Nil, di mana mereka membandung air untuk irigasi dan memulai pertanian intens daripada tinggal di gurun.

3.500 SM Pemukiman ada di area utara Israel.




3.500 SM Di Kazakhstan, orang-orang berkuda, memerah susu dan makan kuda.


3.300 SM Seorang pria meninggal melintasi pegunungan yang sekarang dikenal sebagai Pegunungan Alpen. Pada tahun 1991 CE tubuhnya ditemukan dan ia diberi julukan “Ötzi”. Sebuah Computed Tomography (CT) memindai tubuhnya menemukan panah tertanam di punggungnya yang tak tersembuhkan, menunjukkan hal itu mungkin faktor penyebab kematiannya.


3.100 SM Di Fertile Crescent (area yang meliputi apa yang sekarang Mesir, Israel, Yordania, Lebanon, Suriah dan Irak), benda yang terbuat dari kulit kerang yang diimpor dari negara yang saat ini Pakistan. Biaya transportasi menandakan barang-barang perdagangan eksklusif untuk orang-orang elit yang memiliki kekayaan untuk membayar mereka.


3.000 SM Di Finlandia barat, orang mengunyah tar, pohon birch kulit kayu bergetah tanpa gula untuk digunakan sebagai perekat, tetapi yang juga memiliki sifat antiseptik. Ini membantu melawan infeksi gusi dan mulut setelah makan membantu memerangi kerusakan gigi.


3.000 SM Masyarakat Sumeria, membentuk majelis demokratis memberikan cara untuk raja sebagai pemegang otoritas. Imamat ini menjadikan berbeda dari bekerja bersama orang lain di ladang. Tenaga kerja lapangan digambarkan sebagai pengabdian pantas untuk para dewa. Kesulitan dipandang sebagai produk dari dosa. Orang-orang dan hewan masih dikorbankan untuk dewa-dewa. Banjir biasa terjadi dan ada kisah banjir besar. Perdagangan dan kekayaan yang dipacu. Kompetisi kekuasaan antar raja negara-kota menghasilkan perang penaklukan. Tradisi ksatria berlanjut dengan laki-laki mendominasi perempuan. Dengan perdagangan, menulis di buku dari lempung berkembang.



3.000 SM Teluk Persia adalah arteri utama perdagangan. Jalan untuk orang Mesopotamia menyebar ke Mesir dan Yunani. Menulis berkembang di Mesir.


3.000 SM Mesir bersatu melalui peperangan. Disana, pengorbanan manusia dan hewan berlanjut. Mesir memiliki banyak dewa, di Mesir hujan sangat jarang dan tidak ada mitos banjir. Aturan raja Mesir diklaim berhubungan dengan para dewa. Raja yang diyakini berasal dari para dewa dan lebih mulia daripada orang biasa.


2.700 SM Diperkirakan bahwa sekitar abad ini ada peradaban Minoan, di pulau Kreta, dimulai-dibangun oleh pedagang yang berlayar di laut. Aturan diperkaya dengan birokrasi yang terorganisasi dengan baik. Para pekerja menghasilkan vas bunga, lembaran metal, pinset, pahatan batu dan artefak lainnya.


2.700 SM Di Amerika, jagung, kacang, cabe dan squash termasuk tanaman budidaya.


2.600 SM Masyarakat Pertanian memunculkan pemukiman-kota Mohenjo-daro di Lembah Indus, India.


2.600 SM Di Timur Tengah, lembu menarik bajak kayu, membelah lebih dalam ke tanah.



2.500 SM Di Fertile Crescent, impor baru guci keramik, peralatan tembaga dan perhiasan. Biaya transportasi membuat barang-barang perdagangan terlalu mahal namun bagi para elite semua bukan masalah. Masyarakat umum masih menggunakan alat-alat dari batu.


2.500-2.000 SM Petani muncul di Filipina dan akhirnya di wilayah Indonesia. Mereka dikatakan memiliki gaya budaya tembikar Dapenkeng.


2.300 SM Indo-Eropa pindah ke selatan Yunani menaklukkan penduduk saat itu dan membuat diri mereka menjadi aristokrasi atas mereka yang telah bermigrasi pada berabad-abad sebelumnya. Para migran terbaru yang dikenal sebagai orang-orang Yunani Mycenae, yang memiliki Tuhan yang sama dengan Indo-Eropa lainnya, termasuk ayah dari dewa langit yang disebut Zeus, yang mereka percaya memiliki kekuasaan atas seluruh dunia.


2.300 SM Di Inggris, batu monumen Stonehenge dibangun. (analisa Karbon dilakukan di tahun 2008.)


2.250 SM Orang-orang Yunani Mycenae mengadakan kontak dengan pedagang-berkapal yang berasal dari Minoa Kreta – sebuah masyarakat komersial dikuasai oleh orang kaya.



2.200 SM Troy, sebuah kota pantai di Asia Kecil, yang dikenal sebagai Troy II oleh arkeolog (pemukiman tingkat kedua dan banyak lainnya dibangun di atas pemukiman dalam abad sebelumnya) dihancurkan oleh api.


2.200 SM Orang Semit yang dikenal sebagai Sargon Agung mengambil alih kekuasaan di kota Sumeria Kish. Dia menaklukkan atas nama dewa Enlil bangsa Sumeria dan membangun sebuah kerajaan di Mesopotamia dan Suriah.

2.200 SM Permukiman di area Israel utara ditinggalkan.


2.150 SM Kerajaan cucu Sargon, dikuasai oleh Gutiens, Naramsim mengungsi. Awalnya Naramsin menyalahkan nasib buruk pada mereka yang membuat marah dewa-dewa mereka.




2.130 SM Berkurangnya pasokan air di Sungai Nil disertai oleh pergolakan politik. Ketidakstabilan dalam keluarga kerajaan Mesir telah mengakhiri dinasti sebelumnya, dan sekarang seorang raja dinasti kedelapan kehilangan kekuasaan. Dua ratus tahun kekacauan politik telah dimulai. Rakyat menyerang penguasa kaya dan bangsawan lokal mengasumsikan kekuatan bebas dari raja manapun.



2.100 SM Bencana kelaparan juga menghinggapi kawasan Mesopotamia akibat kebijakan politik pangan yang salah perhitungan.


2.000 SM Di Fertile Crescent penggunaan alat tembaga telah menyebar luas. Ada pergeseran ke logam yang lebih langka untuk digunakan sebagai uang: perak.


2.000 SM Dekat Haifa, Israel, setidaknya dua penduduk neolitik terinfeksi Tuberculosis.


2.000 SM Gelombang pemukiman berikutnya mulai menjadi penghuni Israel utara.


2.000 SM dalam satu atau dua abad, orang-orang Melayu bermigrasi dari daratan Asia, di seberang lautan, untuk bergabung dengan orang lain di pulau-pulau Indonesia, dengan membawa budidaya beras dan hewan peliharaan. Orang yang disebut Mon bermigrasi dari Asia Tengah ke ujung selatan Burma, di mana mereka mulai menanam padi. Orang meninggalkan Kepulauan Maluku dan bermigrasi ke pulau-pulau timur utara Australia.